Slider

Bersyukur

Bersyukur

Ilustrasi di akhir bab enam memberi tahu kita bahwa langkah pertama untuk menjadi kaya adalah menyodorkan gagasan mengenai apa yang anda inginkan kepada bahan asal. Ini benar, dan demi terwujudnya keinginan anda, anda harus menjalin hubungan yang harmonis dengan bahan asal. Hubungan semacam ini sangat penting dan vital bagi anda. Karena itulah saya membicarakannya secara khusus di sini. Saya akan memberi anda sejumlah instruksi yang, jika anda jalankan, akan menyatukan pikiran anda dengan Tuhan. Keseluruhan proses penyelarasan mental itu bisa diringkas saja dengan satu kata: Bersyukur.

Pertama, anda percaya adanya satu Zat Cerdas, yang dariya segala sesuatu diciptakan. Kedua, anda percaya bahwa Zat ini memberi apa saja yang anda inginkan. Ketiga, anda menghubungkan diri dengannya dengan perasaan syukur sepenuh hati. Banyak orang yang telah menata hidupnya begitu rupa dan tetap miskin karena kurang bersyukur. Mereka memutuskan hubungan dengan cara tidak pernah berterima kasih.

Mudah dipahami bahwa semakin dekat kita dengan sumber kekayaan, semakin banyak kekayaan yang akan kita terima. Mudah juga untuk dimengerti bahwa jiwa yang selalu bersyukur akan menjalani hidup lebih dekat dengan Tuhan ketimbang yang tidak pernah mengucapkan berterima kasih.

Semakin kuat rasa syukur kita kepada Tuhan ketika kita menerima anugerah-Nya, semakin banyak anugerah yang akan kita terima. Dan semakin cepat kedatangannya kepada kita. Singkatnya, sikap mental bersyukur akan mendekatkan pikiran kita pada sumber anugerah. Jika anda baru memahami bahwa bersyukur akan menjadikan pikiran anda kian selaras dengan energi kreatif semesta, pikirkanlah baik-baik hal ini, dan anda akan membuktikan kebenarannya. Hal-hal baik yang anda miliki datang kepada anda sejalan dengan hukum-hukum tertentu. Rasa syukur akan mengarahkan pikiran anda ke jalan yang mendatangkan halhal baik itu. Ia menjaga anda untuk tetap selaras dengan pemikiran kreatif dan menghindarkan anda dari godaan pemikiran kompetitif.

Bersyukur saja sudah membuat anda mendekat ke arah Keberlimpahan, dan mencegah anda jatuh ke pemikiran keliru tentang terbatasnya persediaan. Hal terakhir itu akan membunuh harapan anda. Ada Hukum Bersyukur (Law of Gratitude, LoG), dan sangat penting bagi anda untuk mencermatinya, jika anda ingin mendapatkan apa yang anda inginkan. LoG adalah prinsip alami bahwa aksi dan reaksi selalu seimbang, dan bergerak dalam arah berlawanan. Rasa syukur merentangkan pikiran anda dalam sikap berterima kasih kepada Tuhan. Ia adalah bentuk pembebasan pikiran dan tak pernah gagal mencapai tempat yang dituju. Dan reaksi adalah gerak seketika ke arah anda.

Jika anda berjalan menuju Tuhan, Dia akan berlari menyongsong anda. Dan jika rasa syukur anda kuat dan ajek, reaksi di dalam bahan asal akan kuat dan terus-menerus. Segala yang anda inginkan juga akan selalu bergerak ke arah anda. Anda tidak akan bisa menggerakkan kekuatan besar tanpa bersyukur, karena rasa syukur itulah yang menjaga keterhubungan anda dengan kekuatan besar itu. Namun keutamaan bersyukur tidak melulu menjamin lebih banyak berkah di masa mendatang. Tanpa rasa syukur anda tidak akan mampu bertahan sedikit lebih lama dari situasi yang mengecewakan anda.

Saat anda membiarkan pikiran anda berkutat dalam ketidakpuasan akan situasi anda sekarang, anda mulai goyah. Anda memusatkan perhatian pada kemelaratan, hal-hal buruk, dan kekumuhan, dan pikiran anda akan menciptakan semua bentuk itu. Kemudian anda menyampaikan bentukbentuk atau gambaran mental tersebut kepada bahan asal. Maka kemelaratan, hal-hal buruk, dan kekumuhan akan datang kepada anda. Membiarkan pikiran anda berkutat pada hal-hal kacangan sama halnya dengan menjadikan diri kacangan dan mengelilingi diri dengan hal-hal kacangan.

Sebaliknya, anda akan menjadi yang terbaik dengan memusatkan pikiran pada hal-hal terbaik dan mengelilingi diri dengan hal-hal terbaik. Kekuatan kreatif dalam diri kita mewujudkan gambaran apa pun yang kita pertahankan di dalam benak kita. Kita adalah zat yang berpikir juga, dan setiap zat berpikir selalu mewujudkan bentuk-bentuk yang ia pikirkan. Pikiran yang bersyukur selamanya mempertahankan pemikiran terbaik, karena itu ia cenderung menjadi yang terbaik. Ia menciptakan bentuk atau karakter terbaik, dan akan menerima yang terbaik.

Selain itu, keyakinan lahir dari rasa syukur. Pikiran yang bersyukur selalu dipenuhi harapan baik, dan harapan berubah menjadi keyakinan. Singkatnya, rasa syukur menciptakan gelombang pikiran yang meningkatkan keyakinan. Siapa pun yang tidak punya rasa syukur tidak mungkin mempertahankan keyakinan. Dan tanpa keyakinan anda tidak akan menjadi kaya melalui cara kreatif. Kita akan lihat contohnya dalam bab-bab berikut.

Karena itu, penting bagi anda menumbuhkan kebiasaan bersyukur untuk segala kebaikan yang anda terima. Penting bagi anda untuk terus bersyukur. Dan karena semua hal ikut berperan dalam kemajuan anda, maka anda perlu melibatkan semua itu dalam rasa syukur anda. Jangan buang waktu untuk memikirkan atau membicarakan kekurangan dan kesalahan para pemegang kekuasaan dan orang-orang kaya. Keberadaan mereka di dunia ini membuka kesempatan bagi anda. Semua yang anda dapatkan saat ini adalah karena mereka. Jangan mengutuk para politisi korup. Jika tidak ada politisi-politisi itu kita terjerumus ke dalam anarkhi, dan kesempatan anda menjadi kian sempit. Tuhan sudah bekerja sekian lama dan sangat sabar membawa kita ke tingkatan sekarang ini dalam bidang industri dan pemerintahan, dan ia akan menyempurnakan pekerjaannya. Tak ada keraguan sedikit pun bahwa Ia akan menyingkirkan para penguasa buruk itu, pengusaha besar, kapten-kapten industri, dan para politisi korup pada waktunya. Namun, untuk sekarang, yakini saja bahwa mereka sangat baik.

Ingatlah bahwa mereka membantu membangun matarantai transaksi yang mendatangkan kekayaan kepada anda, dan berterima kasihlah kepada mereka semua. Ini akan membuat anda selaras dengan kebaikan dalam segala hal, dan segala yang baik akan datang kepada anda.

Scroll Up
WhatsApp chat