Elearning Indonesia merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa pembuatan elearning di Indonesia yang termasuk diantaranya adalah Modul Elearning Interactive, Module OTS Plus, Modul Video Animasi, dan Video Learning Interactive. Istilah Elearning sudah tidak asing lagi di jaman sekarang ini. Kemudahan dan keunggulan yang ada di sebuah Elearning sangat membantu orang sekarang ini dalam menggapai tujuannya.
Sampai dengan tahun 2021 ini sudah ada beberapa perusahaan yang mempercayakan pembuatan module Elearning mereka kepada kami, seperti: Telkomsel, Indosat Ooredoo, Bank ANZ, Astralife, Kompas Gramedia, PT. Cikarang Listrindo, dan masih banyak lagi.

PENGERTIAN ELEARNING

Jasa Pembuatan Elearning di Indonesia.

Elearning merupakan singkatan dari Electronic Learning yang memiliki arti secara umum adalah proses pertukaran informasi melalui media elektronik, seperti televisi, radio, smartphone, komputer, dll. Jadi tanpa disadari kehidupan kita ini sering melakukan proses pembelajaran melalui Elearning. Menonton acara di Televisi, mendengarkan informasi di radio, membaca berita/artikel di internet menggunakan komputer atau handphone.

Sedangkan arti secara khusus adalah Proses penyampaian informasi yang dikhususkan untuk perorangan atau sekelompok orang dengan tujuan tertentu menggunakan media elektronik. Hal ini berlaku untuk perusahaan yang ingin menyampaikan informasi untuk para pegawainya, baik itu informasi tentang Perusahaan (produk, Legal Awareness, sistem kerja setiap divisi, dll) ataupun tentang Skill Soft yang bertujuan untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan para pegawai.

Model Elearning yang kami buat adalah dalam bentuk Interactive Module berbasis HTML 5 yang bisa diakses menggunakan internet dan bisa dijalankan menggunakan Komputer (PC, Laptop) atau Mobile Phone (Smartphone, Tablet). Ditahun 1990-an sebelum internet ada maka proses elearning dilakukan menggunakan CD (Compact Disc)yang dikenal dengan ada istilah CD Interaktif.

KEUNTUNGAN ELEARNING

  1. Dapat diakses selama 24 jam sehari dalam 7 hari (24/7)
  2. Bisa dipelajari oleh siapa saja dan dapat diulang sampai mengerti
  3. Mudah diakses kapan saja dan dimana saja
  4. Memungkinkan dibuat dalam beberapa bahasa
  5. Hemat biaya produksi dan tempat penyimpanan
  6. Pengiriman yang cepat ke semua cabang
  7. Standar pelatihan yang sama untuk setiap peserta
  8. Tidak mengganggu aktifitas sehari-hari

KENAPA ELEARNING MUDAH DIPELAJARI?

Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, saya tidak ingin Anda membayangkan mempelajari Elearning itu seperti membaca sebuah buku yang membosankan (maaf, untuk beberapa orang yang hobi membaca mungkin tidak). Tetapi oleh tim Elearning Developer kami materi Elearning akan dibuat sederhana, menarik, mudah dipahami, tidak membosankan dan langsung pada inti pelajarannya.
Selain itu, Elearning disusun menggunakan Unsur Multimedia yang sangat membantu dalam proses pembelajarannya, yaitu: Teks, Gambar/Foto, Audio, Video dan Animasi. Sehingga semua unsur panca indra kita akan ikut belajar.

3 JENIS MODULE ELEARNING INTERACTIVE

Module Infographic Interactive

Module ini seperti Slide Presentasi jika Anda membuatnya menggunakan Ms. Powerpoint. Module ini terdiri dari gambar (foto, ikon, infografis), teks, audio, tombol interaktif dan motion graphic.

Slide yang ditampilkan adalah slide materi, slide interaktif dan kuis (latihan).

Apakah bisa ditambahkan video? Bisa! Video berasal dari klien yang berfungsi untuk memperkuat isi materi. Jika video dari kami, maka akan dikenakan biaya tambahan ntuk proses pembuatannya.

Module Animation Interactive

Tahu video animasi? Ya, video animasi sekarang tidaklah sulit ditemukan. Video animasi sudah bertebaran di internet, dari situs khusus penyedia film, youtube dan media sosial.

Survey membuktikan bahwa 80% isi materi lebih mudah diterima dan dicerna jika melihat perpaduan antara teks, gambar dan animasi.

Module Animation Interactive ini berisi 80% animasi infografis yang akan lebih mudah dipahami isinya dan jelas tidak membosankan.

Sedangkan 20% berisi interaktif dan kuis untuk menguji pemahaman user dalam mempelajari materi yang disampaikan.

Video Learning Interactive

Anda pasti tidak asing dengan Youtube. Ya, youtube adalah sebuah situs penyedia konten video. Banyak para kreator berlomba-lomba membuat kontennya agar bisa berguna bagi para penonton.

Video Learning Interactive adalah sebuah module yang 80% berisi rekaman video trainer yang menyampaikan isi materi dan video roleplay yang berfungsi untuk memperkuat materi yang disampaikan oleh Trainer. 

20% dari module learning interactive ini adalah teks, gambar dan kuis.

PROSES PEMBUATAN ELEARNING

Secara garis besar, Proses pembuatan Elearning dibagi menjadi 4 tahap, yaitu:

1. Instructional Designer

Disini kita akan berdiskusi tentang model elearning yang akan dibuat. Baik itu dari isi materi, desain karakter, template yang disesuaikan dengan kebutuhan dan identitas perusahaan.

2. Storyboard

Setelah model elearning telah ditentukan, maka tim content writer kami akan membuat storyboard dari materi yang diberikan kepada kami. Materi bisa berbentuk buku cetak, ebook, Powerpoint, word Document, dll.

3. Produksi

Masuk ke proses produksi yang akan dibuat berdasarkan isi storyboard yang telah disepakati bersama. Dalam proses ini juga suara narasi akan ditambahkan ke dalam elearning modul.

4. Quality Control

Tahap akhir dalam proses produksi elearning ini adalah quality control dimana tim kami akan mengecek isi teks sehingga siap digunakan.

Tahun 2021 ini sudah memasuki era 4.0, dimana semua sudah serba digital. Banyak kemudahan bisa kita terima untuk melakukan aktifitas harian. Dengan elearning, anda masih bisa melakukan aktifitas harian Anda, tanpa terganggu oleh jadwal belajar dimana proses tersebut bisa dilakukan ketika Anda memiliki waktu senggang. Jika Anda masih banyak pertanyaan tentang Jasa pembuatan Elearning di Indonesia, silahkan hubungi kami.

WhatsApp chat