previous arrow
next arrow
Slider
Elearning Indonesia

Mengenal Elearning

Selamat datang di Elearning Indonesia, sebuah perusahaan penyedia jasa pembuatan Elearning dibawah payung PT. BusinessFirst International (BFI). Kami telah berdiri sejak tahun 2007 dengan jasa pelatihan Training In Class dengan materi andalan kami adalah di bidang komunikasi. Kami juga memegang lisensi teknik komunikasi Think On Your Feet. Sebuah teknik komunikasi yang berasal dari Kanada dan telah tersebar di 60 negara. Untuk informasi Training In Class kami lainnya bisa mengunjungi website kami di https://businessfirst.id

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak permintaan untuk merubah Training kami kedalam model online (Elearning), maka kami mulai menjalankan Training kami dalam bentuk online. Sebelum Anda memesan produk Elearning dari kami, mari kita bersama-sama mengenal elearning terlebih dahulu. Tolong dibaca sampai selesai. Elearning sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: Konten dan LMS. Apa bedanya? Kami akan jelaskan dengan sebuah ilustrasi sederhana.

Jika Anda ingin membuka sebuah tempat usaha, misalnya supermarket tentu Anda harus menyiapkan rumah, pegawai dan barang jualannya. Nah LMS itu adalah rumahnya. Pegawainya adalah admin dari LMS tersebut, sedangkan isi dari barang yang mau dijual itu adalah Konten.


LMS Moodle

LMS Moodle

Untuk LMS kami menggunakan Moodle, yang sudah terbukti puluhan tahun dipercaya sebagai system yang banyak digunakan di dunia pendidikan dan pembelajaran. LMS Moodle yang kami buat terbagi menjadi 3 sesuai dengan jenis bidang usahanya, antara lain:

Perusahaan

LMS Moodle untuk perusahaan melibatkan bagian Admin, pimpinan dan staff. Admin yang mengatur dan memelihara LMS Moodle. Pimpinan (direktur, manager, supervisor, leader) yang mengatur modul Elearning untuk diberikan kepada staff dibawah divisinya. Dan staff menggunakan LMS Moodle untuk sarana belajar Modul Elearning yang telah diberikan atasannya.

Lembaga Training

Untuk lembaga training ini biasanya mereka memiliki materi yang dijual kepada publik dengan sistem langganan. Didalamnya juga berisi metode pembayaran user yang akan berlangganan materi tersebut.

Sekolah

LMS untuk sekolah lebih kompleks lagi karena melibatkan admin, kepala sekolah, guru, murid dan orang tua murid. Admin yang mengatur dan memelihara LMS Moodle. Kepala sekolah memantau semua data guru dan murid. Guru hanya bisa mengelola kelasnya masing-masing. Murid menerima materi pelajaran yang telah diberikan guru dan Orang Tua hanya melihat data anaknya.


Sedangkan konten dari Modul Elearning yang kami buat terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Modul Elearning Interactive

Module Elearning Interactive

Modul interaktif ini mengutamakan interaksi antara Konten modul Elearning dengan user. Model konten Elearning ini terbagi menjadi 2 jenis.

Teks, Gambar dan Audio

Isi dari modul interaktif ini sebagian besar terdiri dari: teks, gambar dan audio. Adapun video dan animasi hanya digunakan sebagai pelengkap/penunjang isi materi yang kami terima sudah jadi dari klien sebagai bahan pelengkap dari materi yang ada.

Video Shoting

Modul interaktif kedua ini lebih menekankan penyampaian materi yang dibawakan oleh seorang trainer/tenaga ahli yang direkam menggunakan kamera dengan ditambahkan animasi teks pendukung.


Microlearning

Microlearning

Adalah sebuah video pembelajaran/informasi berdurasi maksimal 3 menit. Biasanya microlearning ini adalah sebuah video informasi yang sering dilihat secara berulang-ulang dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja ketika dibutuhkan. Tidak semua informasi bisa dibuat Microlearning. Hanya materi-materi tertentu saja yang akan efektif bila dibuat microlearning.


Blended Learning

Blended Learning

Metode ini memungkinkan user bertemu dengan pembicara/trainer. Konsepnya sama seperti webinar. Ada 2 konsep yang kami tawarkan kepada Anda, yaitu:

Belajar kemudian Webinar.

Pilihan pertama adalah User akan belajar melalui modul Elearning terlebih dahulu. Bagi user yang telah mempelajari modul elearning akan diberi kesempatan melakukan proses tanya jawab dengan trainer/pembicara secara online yang sudah diatur waktunya sehingga semua user bisa online secara bersamaan.
Bagaimana mengetahui bahwa user telah mempelajari materi yang diberikan atau belum? Hal ini bisa diketahui melalui LMS Moodle. Jika user telah mempelajari modul elearning yang diberikan maka akan ada notifikasi bahwa dia telah mempelajarinya.

Webinar kemudian Belajar.

Metode kedua adalah mengadakan training secara online (seperti layaknya Training in Class tapi diadakan secara online), kemudian materi yang telah disampaikan oleh Trainer akan dibuat modul Elearning.
Dengan konsep seperti ini maka peserta yang belum/kurang paham bisa melihat ulang materi yang disampaikan Trainer. Dan jika perusahaan ingin mengadakan training ulang dengan materi yang sama untuk pegawai baru atau pegawai yang belum mengikuti training maka bisa mempelajari Modul Elearning yang telah dibuat.


Bagi Anda yang ingin mengenal elearning lebih lanjut, silahkan menghubungi kami agar kami mengetahui kebutuhan dari Elearning yang Anda inginkan.

Bill Gates
Scroll Up
WhatsApp chat