previous arrow
next arrow
Slider
Proses Pembuatan Module Elearning

Proses Pembuatan Elearning

Proses pembuatan elearning tidaklam serumit yang dibayangkan. Secara garis besar, Proses pembuatan Elearning dibagi menjadi 4 tahap, yaitu:

1. Instructional Designer (ID)

Disini kita akan berdiskusi tentang beberapa hal, antara lain:

  • Model elearning yang akan dibuat seperti interactive module, video animasi, gamification atau mobile apllication.
  • Team Instructional Designer kami akan melihat jumlah waktu pembelajaran dari materi elearning yang akan dibuat dan ini juga menyangkut pada budget perusahaan juga.
  • Design Layout Elearning yang diinginkan oleh perusahaan, baik itu desain karakter, gambar latar belakang dan template elearning yang semuanya itu akan disesuaikan dengan kebutuhan dan identitas perusahaan.

2. Storyboard (Content Writer)

Setelah model elearning dan jumlah waktu pembelajaran telah ditentukan, maka tim content writer kami akan membuat storyboard elearning dari materi yang diberikan kepada kami. Materi tersebut bisa diberikan dalam bentuk buku cetak, ebook, Slide Powerpoint, word Document, dll. Dalam proses ini akan sering terjadi proses “tek-tok” antara tim Content Writer kami dengan tim ahli dari pihak perusahaan (klien). Proses storyboard ini akan memakan waktu paling lama sampai isi dari storyboard sesuai dengan yang diharapkan.

3. Elearning Design

Masuk ke proses Elearning Design yang akan dibuat berdasarkan isi storyboard, desain karakter, desain latar belakang dan desain template yang telah disepakati bersama. Kelebihan dari tim kami adalah kami memiliki tim illustrator, sehingga jika diperlukan maka akan ada sebuah gambar ilustrasi dalam sebuah isi elearning untuk memperkuat dan memperjelas maksudnya. Pada awalnya kita akan menunjukkan design layout terlebih dahulu tanpa ada suara narasi (jika ada) dan jika sudah sepakat dengan desainnya maka Suara Narasi akan dimasukkan.

4. Quality Control

Tahap akhir dalam proses produksi elearning ini adalah quality control dimana tim kami akan memeriksa isi teks, tanda baca dan kesesuaian teks dengan suara narasi sehingga modul elearning siap digunakan.

Untuk Elearning dengan durasi 1 – 3 Elearning Hour akan membutuhkan waktu kurang lebih sebulan. Hal yang mempengaruhi waktu pengerjaan Elearning menurut pengalaman kami selama ini adalah tingkat kesulitan Materi dan jumlah Revisi.

Secara garis besar prosesnya adalah sebagai berikut:

Proses Pembuatan Elearning

Jadi itulah sekilas tentang proses pembuatan elearning.

Scroll Up
WhatsApp chat