Apakah anda pernah mendengar tentang LMS (Learning Management System)? Sebagian dari Anda yang berkecimpung di dunia pendidikan yang sudah menggunakan system online pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Apa itu LMS? Saya akan menjelaskan dengan bahasa saya sendiri secara singkat dan mudah-mudahan bisa dipahami.

PENGERTIAN Learning Management System (LMS)

LMS itu sebuah tempat penyimpanan berbagai macam file, khususnya berbentuk dokumen (doc, excel, ppt, pdf, dll) , gambar (jpg, png, gif, dll), video (mp4, mkv, avi, dll) dan SCORM yang berisi sebuah informasi yang bertujuan untuk dibagikan kepada orang yang menerima informasi (selanjutnya akan saya sebut “siswa”) di sebuah kelompok tertentu (perusahaan atau lembaga pendidikan). Di artikel ini “File Informasi” yang dimaksud akan saya sebut sebagai “modul elearning”.

Pengertian LMS

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ezbJwaLmOeM

Klik tombol CC untuk menampilkan subtitle.

Keuntungan Menggunakan LMS

Berbagai macam LMS (Learning Management System) banyak sekali beredar di Internet sekarang ini. Bisnis ini sangat menjanjikan, bahkan perusahaan besar sekelas Oracle, Adobe dan Amazon sudah membuat LMS untuk dijual. Di Indonesia sendiri, setahu saya belum ada perusahaan penyedia jasa LMS (tolong beritahu saya jika salah). Yang ada adalah mereka sebagai “distributor” saja, yang mana semua setting dan lokasi penyimpanannya masih ada di luar negeri.

Modul elearning ini bisa dibagikan oleh seorang administrator LMS kepada para siswa dengan pengaturan yang berbeda-beda untuk setiap siswa.

Misalnya:

Setiap siswa akan mempelajari modul elearning sesuai dengan kebutuhannya. Urutannya bisa diatur dan mempunyai jangka waktu yang sudah ditentukan. Bisa dilihat (cek) siapa saja yang sudah mempelajari modul elearning ini. Hal ini penting untuk seorang pemimpin sebuah tim (manajer), dia bisa tahu siapa saja timnya yang sudah mempelajari modul elearning yang diperintahkan. Kapan dipelajarinya dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mempelajari modul elearning ini sampai selesai. Bisa diberikan soal-soal latihan untuk menguji sampai dimana tingkat pemahaman siswa dalam mempelajari file tersebut. Jadi sekarang sudah jelas ya apa itu LMS (Learning Management System)?

Inilah kendala utama jika kita menggunakan jasa LMS mereka, selain susah jika kita minta customize, harga yang ditawarkan sangat mahal apalagi ditambah minta ini dan itu. Belum lagi harganya dihitung per-User. Jika perusahaan Anda mempunyai karyawan 1000 orang, siap-siap megeluarkan dana yang besar. Jadi, solusinya gimana dong?

Keuntungan Menggunakan LMS Moodle

Kami elearning indonesia, sebagai salah satu jasa pembuatan LMS Moodle di Indonesia tidak mempunyai kendala dalam meletakkan elearning buatan kami di LMS ini. LMS Opensource Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Salah satu keunggulannya adalah kita bisa customize sendiri fitur-fitur yang diinginkan. Apakah Murah? Jelas saja, ini dikerjakan oleh programer-programer terbaik Indonesia. Dan kabar baiknya tidak dihitung per-USER. Hemat kan?

Selama ini kami sudah menggunakan moodle di beberapa perusahaan baik iru Pemerintahan maupun Swasta dan hasilnya mereka puas sekali. Fitur keamanan pun bisa dibangun sendiri dengan fitur-fitur yang maksimal.

Hubungi tim kami untuk informasi mengenai Jasa pembuatan LMS Moodle di Indonesia.

Telp: 0811 976 1172 (Toosa).

Terima kasih.